ARJUNA DAN ISTRI-ISTRINYA

M. Jazeri

Prototype wanita Jawa secara umum tergambar dalam pribadi istri-istri Arjuna. Arjuna adalah salah satu tokoh Mahabarata yang terkenal dengan keistimewaannya diberbagai aspek. Ia tampan, sopan, halus budi, sakti, senag bersemadi, dan gemar berpuasa. Singkatnya, Arjuna dikenal sebagai lelananging jagad ‘lelakinya dunia’. Tidak pelak lagi, keistimewaan ini menjadi umpan manis bagi para wanita cantik untuk berebut menjadi pendampingnya. Inilah salah satu penyebab terjadinya perkawinan poligami di masyarakat Jawa. Para bangsawan Jawa banyak melakukan poligami kerena terinspirasi oleh keistimewaan tokoh Arjuna.

Arjuna kompleks adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang laki-laki yang memiliki keinginan tinggi untuk hidup dikelilingi oleh sejumlah perempuan cantik. Sementara di sisi lain, jika ada perempuan yang memiliki keinginan tinggi untuk hidup dimanja oleh laki-laki dari segi materi dan non-materi maka ia dinilai mengidap Cinderella Kompleks.

One Response to “ARJUNA DAN ISTRI-ISTRINYA”

  1. ika yuniati Says:

    wow,,, poligami ala jawa!!!!, ada tow ternyata…????
    tapi itu adalah dulu, ketika zaman arjuna…. wanita jawa harus siap dimadu karena memang saat itu kemungkinan besar arjuan bisa bersikap adil, dengan segala kesempurnaan yang ia miliki.
    tapi zaman sekarang, poligami menurutQ adalah salah satu ketidak adilan sikap bagi kaum hawa….., kalaupun dituntut untuk harus poligami karena keterbatasan kaum adam…
    saya rasa di era ini sulit sekali menemukan adam yang bisa adil,,,, kaena semua penghuni bumi ini sepertinya sudah terkontaminasi dengan berbagai virus hati…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: